Table of Content

Mengatasi Masalah 'php is not recognized' di Terminal Visual Studio Code




Pesan kesalahan "The term 'php' is not recognized as the name of a cmdlet, function, script file, or operable program." menunjukkan bahwa PowerShell tidak dapat mengenali perintah `php` sebagai perintah yang dapat dijalankan. Ini biasanya terjadi karena path ke instalasi PHP tidak ada dalam variabel PATH di lingkungan PowerShell Anda.


Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menambahkan path ke instalasi PHP ke dalam variabel PATH. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:


Buka Visual Studio Code.


Buka terminal di Visual Studio Code. Anda dapat melakukannya dengan cara:

   - Pilih "View" > "Terminal" dari menu atas.

   - Atau menggunakan shortcut keyboard `Ctrl + ` backtick (`) `, yang biasanya berada di sebelah kiri tombol '1' pada keyboard.


Setelah terminal terbuka, masukkan perintah berikut untuk menambahkan path PHP ke dalam variabel PATH:

   

   

   $env:Path += ";C:\laragon\bin\php\php-8.1.10-Win32-vs16-x64"

   


   Pastikan Anda mengganti path di atas dengan path yang benar ke instalasi PHP di Laragon Anda.


Setelah Anda menambahkan path tersebut, Anda seharusnya dapat menjalankan perintah `php` di terminal PowerShell Visual Studio Code tanpa menerima pesan kesalahan tersebut.



Jika Anda ingin perubahan ini tetap berlaku di sesi terminal berikutnya, Anda perlu menambahkan path tersebut ke dalam variabel PATH secara permanen pada sistem Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengedit variabel lingkungan sistem. Pastikan untuk merujuk ke dokumentasi Windows untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengatur variabel PATH secara permanen.


إرسال تعليق