Table of Content

Tutorial Lengkap: Cara Membuat Tombol 'Back to Top' di Blogger untuk Pengalaman Navigasi yang Lebih Baik





Dalam dunia digital yang semakin kompleks, pengalaman pengguna menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan suatu situs web atau blog. Terutama ketika berhadapan dengan konten yang sangat panjang, seperti artikel mendalam atau panduan rinci, penting bagi pemilik situs untuk memastikan navigasi yang nyaman dan efisien bagi pengunjung.

 

Salah satu solusi yang telah terbukti efektif adalah penggunaan tombol "Back to Top" atau "Kembali ke Atas". Fungsi dari tombol ini bukan hanya sekadar elemen visual di sudut halaman, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada interaksi pengguna dengan konten.

 

Mengapa Tombol "Back to Top" Penting:

 

1. Fasilitasi Navigasi: 

Saat pengunjung menjelajahi konten yang panjang, misalnya dalam artikel yang memerlukan penggulungan layar yang berulang, tombol "Back to Top" memberikan cara instan untuk kembali ke bagian atas halaman. Ini mengurangi kebingungan dan usaha dalam mengakses menu navigasi atau elemen penting lainnya.

 

2. Efisiensi Interaksi: 

Dalam era digital yang sibuk, efisiensi waktu menjadi aspek yang sangat dihargai. Tombol "Back to Top" memungkinkan pengunjung untuk dengan cepat melompat kembali ke atas halaman tanpa harus menggulir manual secara berulang. Hal ini terutama berguna ketika pengunjung ingin kembali ke menu, kontak, atau bagian lainnya yang biasanya terletak di atas halaman.

 

3. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik: 

Memberikan tombol "Back to Top" adalah bentuk perhatian terhadap pengalaman pengguna. Dengan memberikan pengunjung kemudahan dan kemudahan dalam menjelajahi situs, Anda menciptakan kesan positif yang dapat berdampak pada retensi pengunjung dan keterlibatan lebih lanjut.

 

4. Responsif Terhadap Kecepatan: 

Penggunaan tombol "Back to Top" juga dapat berkontribusi pada perbaikan kecepatan halaman. Dengan mengurangi jumlah pengguliran manual yang panjang, Anda membantu memastikan bahwa pengunjung tidak merasa terhambat oleh kecepatan halaman yang mungkin lambat.


 Dalam rangka menciptakan pengalaman pengguna yang optimal, penting untuk mempertimbangkan aspek kecil seperti tombol "Back to Top". Dengan menambahkan elemen ini, Anda mengkomunikasikan perhatian Anda terhadap kemudahan dan kenyamanan pengunjung. Sebagai bagian dari upaya yang lebih luas dalam mendesain situs yang responsif dan pengguna-friendly, penggunaan tombol "Back to Top" dapat memainkan peran yang signifikan dalam menjaga pengunjung terlibat dan puas dengan kunjungan mereka.


untuk demo tombol Back to top bisa lihat diblog saya ini, (sudah tidak digunakan di blog ini)

dan untuk menambahkan Tombol Back to top di blog kalian silahkan ikuti tutorialnya.

Open Blogger


Salin Js ini daan taruh sebelum tag </body>


<script type="text/javascript">
// Back to top button xid.biz.id
$(function(){$(window).scroll(function(){$(this).scrollTop()>400?$(".xid").addClass('xid-top'):$(".xid").removeClass('xid-top')}),$(".xidd").click(function(){return $("html,body").animate({scrollTop:0},400),!1})});
//]]>
</script>

dan juga ini tarus css ini sebelum </style>


/* To top ikramlink.com */
.xid{visibility:hidden;z-index:2;background:#e74c3c;color:#fff;font-size:28px;width:44px;height:44px;line-height:42px;text-align:center;position:fixed;bottom:25px;right:25px;box-shadow:0 1px 5px rgba(0,0,0,0.2);border-radius:2px;cursor:pointer;overflow:hidden;transition:all .4s}
.xid:hover{background:#c0392b;color:#fff;box-shadow:0 4px 10px rgba(0,0,0,0.3)}
.xid.xid-top{visibility:visible;cursor:pointer;opacity:1;-webkit-transform:translateZ(0);transform:translateZ(0);transition:all .4s;}

Setelah itu save dan lihat hasilnya.



Semoga artikel tentang Cara Membuat Tombol Back To Top Blogger berguna dan bermaanfaat untuk kita semua.


إرسال تعليق